Tips

8 Rahasia Membangun Keluarga Bahagia dan Harmonis

Keluarga yang bahagia dan harmonis adalah dambaan setiap insan baik perempuan maupun lelaki, siapa sih yang tidak ingin memiliki keluarga yang kompak, selalu bahagia dan harmonis di mata orang lain maupun kita sendiri yang merasakannya. Karena sejatinya keluarga adalah tempat kita layaknya seperti rumah, tempat kita kembali, tempat kita bercerita, tempat kita tertawa, bersedih dan apapun itu. Namun, ada pula keluarga yang meraka rasa kurang bahagia. untuk menhindari hal tersebut kamu perlu baca artikel berikut bagaimana membangun keluarga yang bahagia dan harmonis.

1. Jaga Komunikasi

Menjaga komuikasi adalah sebuah keharusan bagi setiap pasangan, karena dengan rutin berkominikasi setiap harinya akan membangun rasa kepedulian  yang tinggi terhadap pasangan. Dengan membangun komunikasi juga secara tidak langsung akan membangun kebahagian dalam diri kita, merasa ada yang merhatikan dan mendengarkan itulah sebabnya komunikasi itu sangat penting, karena dapat memperpanjang usia pernikahanmu.

2. Saling Mencintai

Hal mendasar seseorang untuk terus bersama bahkan sampai ke jenjang rumah tangga adalah kita harus saling mencintai satu sama lain baik kekurangan nya maupun kelebihan setiap pasangan, karena akan berdampak baik jika kita saling mencintai dan akan menciptakan suasana yang damai dan saling memahami satu sama lain.

3. Seimbangkan Pekerjaan & Keluarga

Pekerjaan dan keluarga keduanya sangat penting agar keluarga dapat terpenuhi secara finansial, namun terkadang bagi kita yang bekerja di kantor terlalu sibuk untuk meluangkan waktunya untuk keluarga apa lagi dapat lembur akan menyita waktu begitu lama berangkat pagi pulang malam hal tersebut jika dilakukan secara terus menerus akan memperburuk kondisi keluargamu loh.

Kamu juga perlu menyeimbangkan jam kerja dan waktu keluarga mu juga memang lembur itu akan menghasilakan finansial secara lebih namun untuk kamu yang sudah berkeluarga sebaiknya pikirkan 2x karena kelarga juga perlu kehadiran kamu untuk terus dapat berkumpul dan menghabiskan waktu bersama guna menciptakan komunikasi yang baik antar sesama keluarga.

4. Terapkan Kedisiplinan

Sikap dan perilaku anak dalam keluarga juga menjadi tolak ukur kebahagiaan. Seorang anak yang bandel dan tidak pernah mendengar nasehat orang tuanya tentu menyebabkan kondisi rumah menjadi risih. Maka dari itu, ajarkan prinsip-prinsip kedispilinan kepada anak semenjak dini.

Oiya, kedisiplinan ini tidak hanya berlaku bagi anak-anak saja. Kedua orang tua pun sebaiknya juga bisa memahami aturan kedisiplinan. Misalnya jam bangun, jam masak, jam kerja, jam tidur , semuanya usahakan teratur agar tidak berantakan.

5. Tanamkan Nilai-nilai Agama

Poin terakhir yang harus dilakukan agar tercipta keluarga bahagia adalah menanamkan nilai-nilai agama dalam suatu rumah tangga. Agama merupakan pondasi dari kehidupan. Percuma jika anak-anak disekolahkan tinggi tapi tak mengerti ilmu agama. Pada akhirnya mereka hanya akan menjadi orang pintar yang tidak berakhlak dan bisa saja merugikan pihak lain. Maka itu, bangunlah sebuah rumah tangga sesuai ajaran agama. Agar kelak bisa terwujud kebahagiaan dan kedamaian sejati.

6. Saling Memahami

Perbedaan paling mendasar saat kita setelah menikah adalah mengetahui keburukan dan kekurang pasangan kita maka dari itu kita perlu menerima kekurangan pasangan kita agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

7. Luangkan Waktu Untuk Berlibur

Berlibur bersama keluarga adalah hal yang perlu kamu lakukan, tidak perlu jauh-jauh kamu bisa menghabiskan waktu berlibur di tempat-tempat daerahmu yang terkenal seperti berpetualang, bermain air atau kamu bisa mengadakan piknik di taman terdekat.

Manfaat berlibur juga baik untuk merefreshkan otakmu dari stress dari masalah kantor ataupun hal lainnya, jadi kamu bisa gunakan opsi ini untuk mempererat komunikasi dan hubungan kamu.

8. Luangkan Waktu Berdua

Meluangkan waktu berdua dengan pasangan sangat positif, karena kamu dapat membicarakan segala permaslahan yang sedang terjadi, jadi kamu tidak perlu sendirian menghadapi masalah. Kamu bisa saling berbagi cerita satu sama lain akan semakin terbuka dan saling membantu satu sama lain akan meningkatkan usia keluargamu juga.

About the author

admin

Add Comment

Click here to post a comment