Rumah Tangga Tips

Tak Kunjung di Berikan Keturunan? Simak Artikel Berikut!

Beberapa orang dari kita mungkin telah menjalankan rumah tangga dengan waktu yang cukup lama hingga bertahun-tahun namun hingga saat ini belum diberikan keturunan, sedangkan pasangan yang baru menikah beberapa bulan sudah diberikan kabar kehamilan. karena memiliki anak adalah keinginan para orangtua yang mereka nanti-natika dan terkadang tuntutan dari mertua/orangtua pasangan kita mendamba-dambakan sang cucu, lalu apasih penyebab kenapa kita belum di berikan keturunan hingga saat ini atau bahkan kamu sudah 2 tahun menikah namun belum diberikan tanda-tanda adanya kehamilan. Yuk, simak artikel berikut, semoga dapat mebantu para orangtua yang saat ini ingin memiliki anak :

1. Kekurangan Asam Folat

Kenapa Asam Folat? karena asam folat merupakan vitamin B komplek yang baik untuk memproduksi DNA, embentuk sel darah merah, membantu zat besi bekerja dengan baik di tubuh, hingga membantu ketika sel dan jaringan tumbuh dengan cepat pada masa bayi, remaja dan kehamilan.  Pasalnya, ada banyak manfaat asam folat untuk program hamil dan selama masa kehamilan. Bahkan, asam folat menjadi salah satu kiat sukses bagi para pasutri yang sedang merencanakan untuk mendapatkan momongan.

Asam Folat dapat ditemukan dalam makanan sehari-hari yang kita konsumsi loh jadi tidak sulit memilih maknan yang memiliki kangan asam folat. berikut makanan yang mengandung Asam Folat :

  • Biji-bijian, seperti gandum dan sereal.
  • Hati sapi, makanan laut, salmon, telur, dan susu rendah lemak. Hati sapi memang tinggi asam folat tapi juga tinggi kolesterol, jadi dianjurkan untuk tidak banyak dalam mengonsumsinya.
  • Sayuran hijau, seperti asparagus, brokoli, bayam, sawi hijau, kubis Brussel.
  • Buah-buahan, seperti jeruk, alpukat, dan bit.
  • Kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang hijau, kacang polong, kacang tanah, dan kacang kedelai.

2. Cahaya Smartphone

Ternyata Benda di sekitar kita juga dapat mempengaruhi tubuh kita juga, jadi mulai sekarang kamu harus kurangi-kurangi bermain gadget apa lagi malam hari.

Sebuah studi pun dilakukan atas kebiasaan ini. Hasilnya, para ilmuwan Jepang memperingatkan para wanita untuk tidak bermain smartphone hingga larut malam.

Malam hari adalah waktu untuk beristirahat. Karena itulah sebelum tidur usahakan untuk tidak memegang gadget. Istirahatkan pikiran dan tubuh agar kesehatan tak terganggu.

3. Obat-obatan

Sebelum konsumsi obat-obatan ada baiknya kamu harus tau efek samping dari obat yang kamu konsumsi, karena jika dikonsumsi secara berkepanjangan akan memberikan efek yang tidak baik untuk tubuh kita.

Obat-obat anti depresi dan obat-obat untuk menstabilkan suasana hati jika digunakan secara teratur berpengaruh pada sekresi prolaktin, yang juga bisa berpengaruh pada ovulasi (pembuahan).

4. Kolestrol Tinggi

peneliti senior di Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development in Rockville, Maryland menyebutkan bahwa pasangan yang memiliki kadar kolesterol bebas yang tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat hamil.

5. Kesehatan Ovarium

Adanya polip dalam kandungan dapat mempersulit konsepsi, dan dapat mengarah pada ketidaksuburan.

Adanya masalah pada tiroid juga bisa mengganggu kehamilanmu.

Salah satu faktor penting untuk dilakukan adalah menjaga asupan makanan. Jenis makanan terbaik dan sangat dibutuhkan ovarium agar tetap sehat adalah: Lemak Sehat, Biji-bijian, Vitamin B6.

6. Junk Food

Beberapa nutrien ini dibutuhkan untuk pembuahan, misalnya zinc, asam folat, vitamin B6 dan D, lemak tidak jenuh, dan unsur mikro dan makro lainnya.

Beberapa jenis junk food, seperti pizza dan burger tak baik kamu konsumsi karena kandunagn garamnya tinggi.

Selain itu kalorinya pun juga sangat tinggi, dan ini mengganggu reproduksi hormone progesterone (pada pria)  maupun estrogen (wanita).

 

Sudah Simak artikel di atas? waktunya kamu jaga kesehatan tubuhmu dan konsumsi makan-makanan yang memang baik untuk kesehatan reproduksi kamu agar diberikan kemudahan mendapatkan keturunan. kamu juga perlu memeriksakan kesehatan kamu jika memang dirasa ada yang aneh. semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantuk pasutri yang mendamba-dambakan sang buah hati.

 

About the author

Mely A

Add Comment

Click here to post a comment